Teladan Makhluk Semesta

Sang baginda, teladan makhluk semesta, penutup barisan para Nabi dan RasulNya, Muhammad shallahu ‘alaihi wa sallam, melalui lisannya yang mulia, beliau berpesan manis kepada kita semua,

” ارْحَمُوا مَنْ فِي الأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ ” . البخاري في الأدب المفرد

Rasulullah SallAllahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sayangilah yang ada dibumi, niscaya yang ada dilangit akan menyayangimu. (HR. Bukhori dalam kitab Adabul Mufrod)

Penggalan video diatas adalah potret bagaimana sang pemilik tangan-tangan mungil itu mengamalkan sabda nabinya. Menyempatkan diri berlemah lembut menyayangi sesamanya. Menyuapi adiknya, dengan sabar dan penuh perhatian.

Belum sampai jugakah kisah sang al amin itu, saat beliau menyuapi seorang yahudi tua di pojokan pasar, di kota Madinah Al Munawaroh. Yang dari kasih sayangnya itu kemudian menjadi pintu hidayah yang teramat manis bagi yahudi tersebut ketika Rasulullah telah tiada?

Alangkah malu diri ini, jika dalam sesuap nasi yang kita makan tak pernah terlintas bagaimana para saudara kita yang begitu sulit mendapatkan makan yang bahkan tak peduli apa itu rasa dan hanya untuk “menyambung hidup”nya.

Maka dari sinilah seharusnya kita memetik hikmah, berlomba mengulurkan tangan, menjadi yang memberi dan menyelamatkan dengan mengharap balas kasih sayang Rabb pencipta langit dan bumi.

Bukankah ini adalah garansi pasti yang sudah disampaikan oleh baginda shallahu ‘alaihi wa sallam,

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيْرَنَا وَيُوَقِّرْ كَبِيْرَنَا

“Bukanlah termasuk golongan kami, orang yang tidak menyayangi anak kecil dan tidak menghormati orang yang dituakan diantara kami”.

(Hadits Shahih, Riwayat, At-Tirmidzi, Lihat Shahiihul jaami’ no.5445).

Semoga Allah ringankan kita semua meniru ramah lembutnya pemilik jemari-jemari kecil dalam video tersebut dalam meneladani kekasihNya.

Bekasi.
6 Safar 1439 H

-Ummu Yahya-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *